Beberapa cara masuk perguruan tinggi negeri


Sedikit informasi yang aku dapat tentang tata cara masuk perguruan tinggi negeri Universitas Riau, Pekanbaru.

Berdasarkan pada Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 006 tahun 2008 tentang Pedoman Penerimaan Calon Mahasiswa Baru pada Perguruan Tinggi Negeri dan Peraturan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional No.18/DIKTI/Kep/2008 tanggal 28 Maret 2008 tentang Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri, Para Rektor Perguruan Tinggi Negeri di bawah koordinasi Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional menyelenggarakan seleksi calon mahasiswa baru secara bersama pada tingkat nasional dalam bentuk Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

Penyaringan  calon  Mahasiswa  baru  melalui  Penelusuran  Bibit  Unggul  Daerah  (PBUD)  merupakan cara  penyaringan  yang  didasarkan  kepada  derajat  keberhasilan  siswa  Sekolah  Menengah Tingkat Atas (SMTA)  selama  mengikuti  pendidikannya.

Salah satu inovasi proses pendidikan yang dilakukan UNRI ialah sistem seleksi calon mahasiswa baru yang menjamin kualitas input lebih bermutu dari beberapa pandangan (kognitif dan potensi) secara komprehensif, yakni UM-UNRI. Anda dapat memperoleh informasi tentang UM UNRI di sini.


SISTEM PENERIMAAN MAHASISWA BARU

KATA PENGANTAR

 Penelusuran bibit unggul daerah (PBUD) dan penelusuran bakat dan minat (PBM) Universitas Riau dimaksudkan untuk menjaring calon mahasiswa baru Univeristas Riau berdasarkan kemampuan yang bersangkutan selama mengikuti pendidikan di bangku SLTA. Melalui program ini Universitas Riau memberi kesempatan pemerataan bagi siswa-siswi SLTA untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.
Pada tahun Akademik 2011/2012 Universitas Riau membuka kesempatan bagi lulusan SLTA yang berada di wilayah Riau, Provinsi Kepulauan Riau khususnya dan Sumatera/Kalimantan Barat, Kalsel, Kalteng, dan Banten pada umumnya untuk dapat melanjutkan pendidikan pada program-program studi yang ada di lingkungan Universitas Riau.
Buku panduan ini diterbitkan guna memberi arahan bagi calon mahasiswa baru Universitas Riau yang berminat mengikuti seleksi melalui jalur penelusuran bibit unggul daerah (PBUD) dan penelusuran bakat dan minat (PBM) di Universitas Riau untuk tahun akademis 2011/2012 pendaftarannya dilakukan secara online melalui internet.
Akhir kata kami mengucapkan selamat datang di Universitas Riau, selamat belajar dengan tekun, dan kami menunggu kedatangan Saudara di Universitas Riau.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.