JALUR PBUD DAN PBM


1. PENDAHULUAN

 1.1. Latar Belakang
Universitas Riau merupakan salah satu universitas negeri di Provinsi Riau yang berkedudukan di Kota Pekanbaru. Tahun 2010/2011 penyaringan calon mahasisa baru Universitas Riau dilakukan dengan 2 pola yaitu melalui :
a.  Secara nasional dengan persentase 60% dari daya tampung, yang terdiri dari :
1.       SNMPTN Jalur Ujian Tulis
2.       SNMPTN Jalur Undangan
b.  Secara mandiri dengan persentase 40% dari daya tampung, yang terdiri dari :
1.       Mandiri jalur PBUD/PBM Online
2.       Mandiri jalur ujian tulis melalui perhimpunan SPMB - Nusantara        (P-SPMB)
Penyaringan calon mahasiswa baru melalui Penelusuran Bibit Unggul Daerah (PBUD) merupakan cara penjaringan yang didasarkan kepada derajat keberhasilan siswa Sekolah Menengah Tingkat Atas (SLTA) selama mengikuti pendidikannya. Sedangkan penelusuran bakat dan minat (PBM) memiliki bakat dan minat dibidang olah raga dan seni minimal tingkat Propinsi dengan tetap memperhatikan aspek kemampuan akademik.
1.2. Kategori PBUD/PBM
Penelusuran Bibit Unggul Daerah (PBUD) dan Penelusuran Bakat dan Minat (PBM) yang dilaksanakan Universitas Riau terdiri atas 3 (tiga) kategori, yaitu :
1.       Penelusuran Bibit Unggul Daerah (PBUD) dan Penelusuran Bakat dan Minat (PBM) untuk semua lulusan SLTA di wilayah Provinsi riau dan terbuka untuk memilih program studi yang ada di Universitas Riau.
2.       Penelusuran Bibit Unggul Daerah (PBUD) dan semua lulusan SLTA di Provinsi Kepulauan Riau, dan terbuka untuk memilih program studi yang ada di Universitas Riau kecuali untuk Fakultas Kedokteran dan Program Studi Ilmu Keperawatan.
3.       Penelusuran Bibit Unggul Daerah (PBUD) terbuka bagi semua lulusan SLTA di wilayah Sumatera/Kalimantan Barat, Kalsel, Kalteng, dan Banten diberikan kesempatan untuk mengikuti penjaringan calon mahasiwsa hanya untuk program studi yang berada di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan.
4.       Proses pengolahan data dengan penyeleksian PBUD dan PBM dilakukan dengan sistem komputer. Untuk itu peserta harus mengkaji dan menyimak semua petunjuk dengan teliti sebelum mengisi data yang dilaksanakan secara online di internet.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.