JALUR MASUK PBUD SELEKSI MANDIRI


2. SELEKSI MANDIRI JALUR PBUD UNIVERSITAS RIAU

2.1.  Syarat Pendaftaran Penelusuran Bibit Unggul Daerah dan Penelusuran Bakat dan Minat
·         Warga Negara Indonesia, Warga Negara Indonesia Keturunan Asing, atau warga negara asing yang dikukuhkan dengan surat bukti kewarganegaraan dan izin pendidikan dari yang berwenang.
·         Berstatus sebagai siswa SLTA (SMA, MA, dan SMK) yang berada di wilayah Provinsi Riau, Kepri dan wilayah propinsi lain di Sumatera, Kalimantan dan Banten. Dan saat pendaftaran yang bersangkutan terdaftar sebagai siswa kelas XII tahun pelajaran 2010/2011 dengan prestasi akademik serendah-rendahnya berperingkat 30% terbaik dikelasnya secara konsisten. Yang dinyatakan dengan surat rekomendasi dari kepala sekolah serta tidak pernah tinggal kelas.
·         Tidak mempunyai cacat tubuh atau keturunan yang dapat mengganggu kelancaran belajar mengajar di Universitas Riau.

2.2. Tata Cara Pendaftaran
1.       Kepala sekolah harus membaca dan memahami seluruh ketentuan dan prosedur PBUD/PBM yang termuat dalam website PBUD http://pbud.unri.ac.id terutama yang berkaitan dengan prasarat dan daya tampung program studi di Universitas Riau. Pendaftaran dimulai 7 Februari s/d 31 Maret 2011.
2.       Kelapa sekolah secara proaktif mendaftarkan profil sekolahnya melalui website PBUD http://pbud.unri.ac.id untuk mendapatkan user name dan pasword serta data siswa yang dapat diusulkan mengikuti PBUD/PBM Universitas Riau.
3.       Kepala sekolah mengisi data prestasi akademik siswa dengan menggunakan user name dan pasword secara online melalui website http://pbud.unri.ac.id.
4.       Kepala sekolah memberikan nomor pendaftaran yang didapat dari sistem kepada siswa pelamar yang direkomendasikan.
5.       Siswa pelamar yang telah didaftarkan oleh kepala sekolah membayar uang pendaftaran ke BNI seluruh cabang dengan menggunakan nomor pendaftaran dan mendapatkan bukti pembayaran beserta PIN.
6.       Membayar uang pendaftaran sebesar Rp. 200.000,- (dua ratus ribu rupiah) yang dapat dilakukan dengan 3 (tiga) cara:
ü  Pembayaran langsung ke teller diseluruh cabang BNI dengan menyebutkan nomor pendaftaran. Bukti bayar akan disertai PIN.
ü  Melalui ATM dengan cara transaksi ATM biasa, pilih student payment center. Memasukkan kode Universitas Riau (9051) beserta nomor pendaftaran melalui sistem BNI, sistem switcher akan mengecek datanya. Bukti bayar akan disertai PIN.
ü  Melalui internet banking setelah login pilih menu biaya pendidikan klik pembayaran, masukkan nomor pendaftaran, cetak bukti bayar yang diserta PIN.
ü  Pemabayaran terakhir tanggal 30 Maret 2011.
7.       Siswa pelamar menggunakan nomor pendaftaran dan PIN mengisi biodata, pilihan program studi dan mencetak bukti pendaftaran melalui website http://pbud.unri.ac.id. Pengisian biodata dilakukan paling lambat tanggal 31 Maret 2011 jam 12.00 Wib.
8.       Pengiriman berkas
ü  Surat pernyataan dan rekomendasi dikirim secara kolektif oleh kepala sekolah ke alamat BAAK Rektorat lantai I Universitas Riau Kampus Binawidya Km. 12,5 Panam Pekanbaru (28293)
ü  Pengiriman berkas paling lambat tanggal 02 April 2011 (cap Pos). Dengan mencantumkan alamat email sekolah yang bersangkutan dan kontak person.
ü  Khusus untuk jalur PBM memenuhi syarat sebagai berikut : menduduki peringkat “baik” minimal tingkat provinsi diperkuat dengan sertifikat/ piagam serta rekomendasi dari induk organisasi olah raga dan seni diketahui oleh KONI dan/atau pejabat lain yang relevan dengan melampirkan sertifikat/piagam yang bersangkutan.

2.3. Jadwal Pelaksanaan
1.       Pembayaran/pendaftaran : 7 Februari s/d 30 Maret 2011
2.       Pengisian biodata di internet : 7 Februari s/d 31 Maret 2011
3.       Pengiriman rekomendasi dari sekolah ke Universitas Riau : tanggal 7 Februari s/d 02 April 2011
4.       Pengumuman peserta yang memenuhi syarat untuk mengikuti wawancara melalui webiste : http://unri.ac.id tanggal 14 April 2011 (khusus pilihan FKIP, FK dan PSIK).
5.       Wawancara (khusus pilihan FKIP, FK dan PSIK) : 07 Mei 2011.
6.       Tempat wawancara untuk Provinsi Riau dilaksanakan di Pekanbaru dan Provinsi Kepri di Tanjungpinang.
7.       Pengumuman calon peserta yang diterima tanggal 20 Mei 2011 melalui webiste http://unri.ac.id dan media cetak.
8.       Registrasi mahasiswa yang dinyatakan lulus : 18 s/d 30 Mei 2011.
9.       Ceramah umum dilaksanakan tanggal 31 Mei 2011.


2.4. Perhatian
1.          Seluruh proses pengolahan, baik untuk data pada formulir pendaftaran maupun nilai rapor akan dilakukan dengan komputer
2.          Ikuti dengan seksama petunjuk pengisian, dan jangan melakukan kesalahan-kesalahan yang dapat merugikan anda sendiri
3.          Bila diketahui anda memberikan keterangan yang tidak benar/palsu/rekayasa dalam formulir pendaftaran dan rapor, maka anda akan diberikan sanksi dikeluarkan walaupun sudah diterima menjadi mahasiswa
4.          Wilayah Sumatera dan Kalimantan Barat, Kalsel, Kalteng dan Banten hanya boleh memilih program studi yang berada di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan
5.          Wilayah Provinsi Kepulauan Riau boleh memilih program studi yang ada di Universitas Riau kecuali Program Studi Pendidikan Dokter dan Program Studi Ilmu Keperawatan
6.          Provinsi Riau boleh memilih semua program studi yang ada di Universitas Riau

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.