Jumat, 18 Mei 2012

Cara Pembuatan Karya Tulis


Banyak orang merasa bahwa menulis itu sangat menbosankan.Sebab mereka merasa bahwa menulis itu merupakan pekerjaan yang sia-sia .Akan tetapi mulai sekarang mari kita hilangkan perasaan itu sebab saya memiliki banyak cara untuk membuat anda tertarik akan menulis.
Dalam hal tersebut saya akan membahas khusus dalam pembuatan karya tulis.
Kadang kala kita sering bingung bagai mana cara menulis sebuah karya tulis.Hal tersebutlah yang membuat kita jadi malas untuk menulis.Akan,tatapi mulai sekarang anda tidakusah khawatir sebab saya akan memberi tahukan kepada anda bagaimana cara penulisan sebuah karya tulis yang baik dan benar.klik Contoh karya tulis

1. Anda harus menentukan tema.
Maksudnya adalah sebelum seorang itu membuat sebuah karya tulis ia harus menentukan pa tema yang baik untuk ia buat.
Sebaiknya tema yang anda buat harus manarik,unik,dan dapat dipahami oleh orangyang membacanya.

2. Cara pembuatan halaman judul
Pembuatan halaman judul haruslah mengikuti aturan.
Yaitu sebagai berikut :
- Judul harus ditulis dengan huruf kapital semua.Namun dapat pula ditulis hanya huruf depan pada kalimat saja( kecuali kata kunjungsi).
Apa bila judul karya tulis anda terlalu panjang anda harus menulisnya seperti piramida terbalik.
contoh :
UPAYA PENINGKATAN SUMBER DAYA MANUSIA
DI INDONESIA
- Setalah penulisan judul sebaiknya anda menulis tujuan dari pada pembuatan karya tulis anda.
- Halaman judul sebaiknya jangan dibuat berwarna,agar lebih baik dibuat hitam putuh saja.
3. Halaman pengesahan
Pada halaman ini anda harus mengisikan siapa saja orang yang akan mengesahkan karya tulis yang akan anda tulis nantinya.(Lihat contoh....)

4. Kata pengantar
Hal yang harus anda isikan pada kata pengantar adalah seperti berikut
Ucapan syukur kepa Tuhan Yang Maha Esa kaena telah berhasil menyelesaikan karya tulis tersebut.
-Gambaran singkat tentang tujuan dari penulisan karya tulis tersebut.
-Ucapan terimakasih terhadap orang-orang yang telah membantu dalam menyelesaikan karya tulis tersebut.
-Permohonan kepada para pembaca agar bersedia memberikan kritikan,saran,dan pendapat demi untuk perbaikan dari pada karya tulis tersebut.
-Tanggal pembuatan karya tulis tersebu.(Biasanya terletak pada bagian paling bawah kanan dandiukuti oleh tandatangan penulis dibawahnya)lihat contoh.

5. Daftar Isi
Daftar isi biasanya ditulis setelah pembuatan karya tulis selesai dibuat oleh penulis.

6. Pendahuluan
Hal-hal yang harus di isi pada bagian ini adalah sebagai berikut,yaitu:

1.BAB I

1.1 Latar Belakang
Pada latar belakang yang perlu kita tulis adalah hal-hal yang melatar belakangi penulis untuk membuat karya tulis tersebut.Biasanya hal yang pertama dibahas dalam latar belakang adalah hal yang bersifat universal setelah itu hal yang khusus mengenai apa nantinya yang akan kita bahas.

1.2 Rumusan Masalah
Rumusan masalah biasanya berbentuk pertanyaan,yang dimana pertanyaan tersebut yang nantinya akan kita bahas pada pokok pembahasan nantinya.

1.3 Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian berisi untuk apa penulisan karya tulis tersebut dilakukan oleh penulis.



1.4 Manfaat Penelitian
Berisikan mengenai manfaat dari pada penulisan karya tulis tersebut.Manfaat tersebut bisa buat penulis bisa juga buat para pembaca.

1.5 Ruang Lingkup Pembahasan
Manfaat dari pembatasan masalah ini agar pembahasan yang akan dibahas oleh penulis dapat dibatas.Agar nantinya pembahasannya tidak mengambang atau lari dari topik.

1.6 Ruang Sampel/Populasi
Ruang sampel /populasi merupakan seberapa banyak sampel yang akan kita teliti untuk bahan dalam penelitian kita.

2. BAB II
Pada bab ini berisikan akan hal-hal sebagai berikut,yaitu :

2.1 Landasan teori
Pada bagian ini seorang penulis harus membuat apa landasan yang ia gunakan untuk membuat suatu karya tulis tersebut.

2.2 Cara pengambilan data
Dalam hal ini apa cara /metode yang kita gunakan untuk mengumpulkan data tersebut.Metode yang digunakan biasanya metode pengamatan,wawancara,dll.

2.3 Pengelompokan data
Hal tersebut dilakukan untuk mengelompokkan data yang akan kita bahas nantinya pada bab pembahasan.

3. BAB III
Pada bab ini seorang akan membahas secara menyeluruh mengenai bahan apa yang akan penulis bahas.Yang kita bahas adalah mengenai apa yang telah kita tentukan pada rumusan masalah pada bab pendahuluan.

BAB IV
4.1 Kesimpulan
Pada bab ini seorang penulis akan menarik sebuah /beberapa kesimpulan dari apa yang telah ia kerjakan.Kesimpulan ini bertujuan agar kita mengetahui apa isi secara keseluruhan dari apa isi karya tulis tersebut.

4.2 Saran
Dalam hal tersebut seorang penulis akan memberikan beberapa saran kepada para pembaca agar para pembaca mungkin adapat melaksanakanya.

Nah,bagaimana sungguh mudah bukan membuat karya tulis?

OK selamat mencoba
.SUKSES!!!

Bagi yang hendak menyelesaikan studi, baik di perguruan tinggi maupun di sekolah menengah, Anda dituntut untuk bisa menuangkan ide-ide brilian dalam sebuah karya tulis. Layaknya sebuah disiplin keilmuan, karya tulis mempunyai aturan-aturan yang harus dipenuhi untuk membentuk sebuah karya tulis yang sempurna. Berikut ini adalah sistematika penulisan karya tulis yang bisa Anda ikuti.
Bab I Pendahuluan
Pada bagian ini, Anda dituntut untuk menemukan alasan mengapa Anda harus membuat sebuah karya tulis atau karya ilmiah. Alasan tersebut biasanya tertuang pada bagian latar belakang penulisan.
Fakta-fakta terkini atau penelitian terakhir mengenai masalah yang ingin Anda kemukakan, biasanya, dituliskan pada bagian ini. Hal ini untuk menunjukkan kepada pembaca mengenai situasi terakhir masalah yang Anda bahas.
Penelitian-penelitian terakhir mengenai masalah yang Anda bahas perlu diceritakan untuk menghindari tulisan atau penelitian yang sama.
Setelah diketahui latar belakang penulisan, Anda perlu mengemukakan rumusan masalah secara teperinci dari karya tulis yang ingin Anda buat. Rumusan masalah bisa berisi pertanyaan-pertanyaan yang tentunya ingin Anda jawab melalui penelitian yang Anda lakukan.
Rumusan masalah tersebut dapat diturunkan menjadi tujuan akhir tulisan yang hendak Anda buat. Tujuan penelitian perlu diungkapkan agar tulisan atau penelitian yang Anda buat menjadi lebih terarah.
Anda juga perlu membatasi penelitian yang ingin dilakukan. Pembatasan masalah dilakukan agar tema penelitian Anda menjadi lebih fokus dan tidak terlalu melebar ke permasalahan lain meskipun secara langsung atau tidak langsung masih terkait dengan penelitian Anda.
Layaknya sebuah karya, tentunya, Anda mengharapkan karya tulis Anda bermanfaat. Oleh karena itu, tulislah manfaat yang mungkin bisa didapat orang lain setelah membaca karya tulis Anda.
Jika bekerja sama dengan institusi lain, Anda perlu mencantumkan manfaat apa yang kiranya didapat institusi tersebut melalui karya tulis Anda. Pada bagian akhir, Anda perlu menceritakan sistematika dari karya tulis yang telah Anda buat.
Bab II Studi Literatur
Pada bagian ini, dituliskan teori-teori yang relevan dan sesuai dengan topik penelitian atau karya tulis Anda. Oleh karena itu, bagian ini disebut juga dengan dasar teori.
Dasar teori perlu dicantumkan agar pembaca mendapatkan gambaran sekilas tentang permasalahan yang dibahas berdasarkan aspek teoretisnya. Ibarat sebuah rumah, dasar teori merupakan fondasi dari bangunan penelitian atau karya tulis Anda.
Bab III Metode Penelitian
Bagian ini menceritakan apa saja langkah-langkah yang Anda lakukan untuk melakukan penelitian. Langkah-langkah penelitian tersebut tersusun dalam sebuah metode yang utuh dan sistematis.
Pembaca akan mendapatkan gambaran bagaimana Anda melakukan penelitian. Melalui metode penelitian yang Anda buat, pembaca dapat melakukan penelitian seperti yang telah Anda lakukan.
Jika studi literatur diibaratkan sebagai fondasi, metode penelitian dapat diibaratkan sebagai sebuah tiang atau pilar dari bangunan karya tulis Anda.
Bab IV Pengumpulan dan Pengolahan Data
Bab ini berisi data-data yang telah Anda kumpulkan dalam rangka melakukan penelitian. Data-data tersebut harus dipilih sesuai relevansinya terhadap masalah yang sedang dibahas.
Hal ini dilakukan agar penelitian menjadi lebih padu dan tidak melebar. Bagian ini disebut juga dengan desain atau rancangan jika karya tulis Anda berupa rancangan untuk sebuah permasalahan tertentu.
Bab V Analisis
Bagian ini merupakan kelanjutan dari bagian sebelumnya. Data-data yang telah Anda kumpulkan dan telah Anda olah, dianalisis pada bagian ini. Analisis dilakukan agar data-data Anda dapat berbicara lebih dalam.
Ketika fakta-fakta yang dikumpulkan masih berbentuk data, Anda tidak bisa menjelaskan maksud dari fakta-fakta tersebut. Oleh karena itu, diperlukan bagian lain yang berfungsi menjelaskan maksud data-data yang telah Anda kumpulkan dan Anda olah.
Pada bagian ini juga, dibahas apa saja yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi permasalahan yang sedang dibahas.
Bab VI Simpulan dan Saran
Bagian terakhir karya tulis Anda ditutup dengan sebuah kesimpulan. Bagian ini menceritakan hasil akhir karya tulis Anda. Anda bisa menceritakan apakah karya tulis yang dibuat sudah bisa mengatasi permasalahan yang dibahas atau diperlukan penelitian lebih lanjut.
Jika Anda bekerja sama dengan institusi lain, Anda perlu menceritakan saran apa yang dapat Anda berikan terhadap institusi tersebut terkait dengan permasalahan yang sedang Anda bahas.


Manfaat Penelitian
Penelitian tentang Gambaran Pengetahuan Tentang ASI Eksklusif Pada Ibu Hamil Berdasarkan Karakteristik di Desa Puuk Kecamatan Pidie Kabupaten Pidie diharapkan memiliki manfaat, yaitu:
1.4.1. Manfaat Teoritis
a.Menambah pengetahuan, pengalaman dan wawasan, serta bahan dalam penerapan ilmu metode penelitian, khususnya mengenai gambaran pengetahuan tentang ASI eksklusif pada ibu.
b.Dapat dijadikan bahan perbandingan untuk penelitian selanjutnya.
1.4.2. Manfaat Praktis
Dapat dijadikan sebagai bahan untuk meningkatkan kualitas pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak (KIA), khususnya dalam memberikan informasi tentang pentingnya pemberian ASI Eksklusif kepada bayi.
1.4.3. Manfaat bagi Penulis
Karya Tulis Ilmiah ini akan menjadi rujukan bagi penulis untuk mengetahui segala hal yang berhubungan dengan ASI eksklusif sehingga nantinya akan dapat dijadikan acuan untuk promosi penggunaan ASI eksklusif bagi ibu, baik sekarang maupun di masa mendatang.
1.4.4. Manfaat Bagi Dinas Kesehatan
Sebagai rujukan tambahan tentang kondisi pengetahuan ibu secara riil yang ada di wilayah penelitian penulis, hal ini nantinya akan dapat menjadi objek perbaikan di masa yang akan datang.
1.4.5. Manfaat Bagi AKPER
Sebagai referensi tambahan tentang ASI eksklusif sehingga nantinya bisa dijadikan rujukan untuk diadakannya penelitian yang lebih mendalam tentang hal ini.
1.4.6. Manfaat Bagi Masyarakat
Sebagai rujukan akan pentingnya pemberian eksklusif oleh para ibu kepada bayinya sehingga dapat dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari untuk mewujudkan bayi yang sehat dan berkualitas.

Lebih lanjut tentang:
Contoh Penulisan Manfaat Penelitian

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Share It