Sekilas Tentang R.A Kartini….


Sekilas Tentang R.A Kartini….
“Strength does not come from physical capacity. It comes from an indomitable will. – Kekuatan bukan hanya berasal kapasitas fisik, melainkan bersumber dari kemauan keras.”
-Mahatma Gandhi

Hal tersebut serupa dengan keyakinan yang dimiliki oleh Raden Ajeng Kartini. Wanita yang lahir di desa Mayong pada tanggal 21 April 1879 itu benar-benar luar biasa. Raden Ajeng Kartini memiliki semangat dan tekad yang sangat kuat untuk memperjuangkan kedudukan wanita. Baginya, kekuatan tidak hanya berasal dari kemampuan fisik, terlebih dari kemauan dan semangat. Keterbatasan wewenang yang dianggap menjadi hakikat seorang wanita bukanlah hambatan untuk berkembang. Wanita juga berhak mengenyam pendidikan, menentukan keputusan dan mengeksplorasi keterampilan seperti kaum pria pada umumnya.

Kekuatan dapat berasal dari berbagai segi, misalnya dari segi fisik, materi, spiritual, ilmu pengetahuan, motivasi dan sebagainya. Kekuatan utama R.A.Kartini dalam berjuang dan memelopori emansipasi wanita di Indonesia adalah ilmu pengetahuan dan semangat juang yang tinggi. Dengan latar belakang pedidikan Belanda dan mengeksplorasi budaya sendiri. Kartini berusaha menciptakan perubahan dalam realitas kehidupan masyarakat-terutama kaum wanita-pada saat itu.
Terbukti, kehidupan, kreativitas dan inovasi dari seorang Kartini telah menjadi tonggak sejarah karena membawa pengaruh besar bagi kaum wanita Indonesia. Kini wanita mempunyai hak yang sama dengan kaum pria dalam hal meraih cita-cita. Banyak wanita berprestasi di berbagai bidang tanpa terbelenggu lagi oleh keterbatasan genre.
Keberhasilan dan kesuksesan  yang dimiliki kaum wanita zaman sekarang memang sudah tak bisa lagi di pandang sebelah mata. Banyak pemimpin, ilmuan, wirausahawan dan profesi-profesi lain yang diduduki kaum wanita. Wanita telah terbebas dari tirani keterbatasan. Dan kini berhak telah atas kesamaan kedudukan.
SELAMAT HARI KARTINI... :)
 

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.