Keterampilan Memprediksi


C.     Keterampilan Memprediksi
Memprediksi adalah meramal secara khusus tentang apa yang akan terjadi pada observasi yang akan datang (Abruscato.1988) atu membuat perkiraan kejadian atau keadaan yang akan dating yang diharapkan akan terjadi (Carin.1992). Keterampilan memprediksi menurut Esler dan Esler (1984) adalah keterampilan memperkirakan kejadian yang akan datang berdasarkan dari kejadian-kejadian yang terjadi sekarang. Keterampilan menggunakan grafik untuk menyisipkan dan meramalkan dugaan-dugaan.
Jadi dapat dikatakan bahwa memprediksi sebagai menyatakan dugaan beberapa kejaadian mendatang atas dasar suatu kejadian yang telah diketahui. Perlu diperhatikan bahwa prediksi didasarkan pada observasi, pengukuran, dan informasi tentang hubungan-hubungan antara variabel dan observasi. Prediksi yang tidak didasarkan pada observasi hanya merupakan suatu dugaan, dan ini bukanlah yang diharapkan dalam memprediksi pada ketrampilan proses.

Pembelajran-pembelajran dengan metode inkuiri yang meminta siswa membuan dugaan-dugaan dengan eksperimen akan membantu mengembangkan keterampilan proses untuk memprediksi. Siswa dapat memprediksi kejadian yang akan dating secara dini data dan grafik yang sangat sederhana. Kemudian siswa dapat membuat prediksi  yang lebih matang berdasarkan survey opini dan sumber data lainnya.
Contoh:
1.    Judul kegiatan                    :
2.    Alat dan bahan                   :
3.    Tujuan pembelajaran         :
4.    Kegiatan pembelajaran      :

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.